Overblog
Editer l'article Suivre ce blog Administration + Créer mon blog

Harus Baca !: 5 Kebiasan Yang Memperburuk Kencing manis

Diabetesi atau penderita kencing manis harus selalu menjaga pola hidup sehat. Sebab jika tidak dikelola dengan baik maka akan mengancam kualitas hidup penderitanya. Kabar baiknya ternyata kencing manis merupakan penyakit yang dapat dikelola dengan cara menerapkan kebiasaan sehat dalam kehidupan sehari-hari.

Agar penyakit diabetes atau kencing manis tidak semakin buruk, sebaiknya orang yang menderita diabetes harus menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk berikut ini :

 

1. Banyak duduk nonton Televisi

Nonton Televisi sepertinya hal yang sepele, tapi tidak untuk penderita kening manis. Ternyata banyak duduk di depan Televisi ada hubungannya dengan penyakit ini. Sebuah penelitian menunjukan bahwa duduk dapat meningkatkan risiko penyakit kencing manis. Apalagi jika duduk dilakukan sehabis makan bisa meningkatkan kadar gula darah 24 pesen. Jadi sebaiknya setelah makan lakukan jalan pelan-pelan.

 

Duduk sekitar 2 jam di depan Tv bisa meningkatkan risiko kencing manis sebesar 20 persen, semakin lama anda duduk maka semakin besar resikonya. Ditambah lagi ketika nonton TV mulut biasanya tidak diam tapi terus saja ngemil makanan yang kurang sehat.

 

2. Menghindari Makan

Karena takut gula darahnya tinggi maka banyak pasien menghindari makan pagi dan makan siang. Akibat dari kebiasan ini gula darah tidak stabil, turun secara tiba-tiba lalu naik lagi. Kadar insulin juga akan ikut tidak stabil.

 

Kondisi tersebut akan mendorong penderita kencing manis mengkonsumsi cemilan yang tidak sehat, dengan porsi lebih banyak dibandingkan tetap makan seperti biasa.Jika pasien penyakit kencing manis menggunakan obat-obat, menghindari makan justru mempersulit kontrol gula darah, bahkan dapat mengakibatkan komplikasi akut hipoglikemia.

 

3. Mengurangi tidur

Pasien diabetes atau kencing manis sering mengurangi tidur pada malam hari. Mereka beranggapan tidak tidur bisa menurunkan gula darah, dan menurunkan berat badan. Pada kenyataannya justru kebiasaan ini berakibat kadar gula darah naik dan cenderung akan melakukan ngemil makanan tidak sehat secara berlebih.

 

Kurang tidur malam hari juga akan berdampak sering mengalami kantuk pada siang hari. Kalau banyak tidur pada siang hari maka aktifitas fisik akan berkurang juga, kemudian terjadilah kenaikan kadar gula darah.

 

4. Tidak makan obat 

Penderita kencing manis banyak yang menghentikan konsumsi obat. Hal ini mereka lakukan karena merasa kadar gula darah sudah normal dan gejala yang dikeluhkan sudah hilang.

 

Menghentikan konsumsi obat secara tiba-tiba dapat juga mengakibatkan kadar gula darah menjadi tinggi, tidak terkontrol dengan baik. Kondisi seperti ini akan mempercepat komplikasi-komplikasi diabetes yang mungkin terjadi.


5. Tidak memeriksa gula darah

Faktor penting untuk penyandang diabetes adalah kadar gula darah yang terkontrol. Sebab kadar gula darah tersebut akan menentukan perjalanan penyakit kencing manis. Kadar gula darah harus dikontrol secara periodik. Jika sedang menggunakan terapi insulin, lakukan pemeriksaan satu atau 2 kali sehari dan sebaiknya pada pagi hari sebelum makan.

 

Jika Anda penderita diabetes tipe 2  yang sudah terkontrol kadar gulanya dan hanya mendapatkan obat-obat kencing manis oral, pemeriksaan bisa lebih jarang. Pemeriksaan gula darah ini penting, tidak hanya  mengurangi risiko potensi komplikasi, tetapi berguna untuk mengevaluasi efektifitas  terapi yang selama ini diberikan.

 

Selain menghindari 5 kebiasaan buruk diatas, agar penyakit kencing manis yang anda derita cepat sembuh maka segera konsumsi obat yang diproduksi oleh CV De Nature Indonesia. Obat Kencing Manis dari Cv De Nature terbuat dari bahan alami pilihan yang diracik secara moderen sehingga terjaga kualitasnya. 

 

Pour être informé des derniers articles, inscrivez vous :